Pages

Monday, December 3, 2018

Menteri Ketenagakerjaan ASEAN+3 Sepakat Perkuat 'Green Jobs'

Kuala Lumpur, CNN Indonesia -- Pertemuan para menteri ketenagakerjaan di Asean Labour Ministers Meeting (ALMM) ke-25 dan ALMM+3 yakni Jepang, Korea dan China di Kuala Lumpur, Malaysia menghasilkan menghasilkan komitmen bersama untuk mengkampanyekan green jobs.

Green jobs adalah upaya menciptakan lapangan pekerjaan yang tetap mempertimbangkan kelestarian lingkungan.

"ASEAN, Jepang, Korea dan China sepakat untuk terus mengkampanyekan dan mengupayakan green jobs. Ini adalah komitmen yang sangat positif, di mana lapangan pekerjaan terus diciptakan untuk pembangunan ekonomi, namun juga sangat mempertimbangkan mengurangi dampak negatif bagi lingkungan," kata Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri di Kuala Lumpur, Jumat, (30/11).


Komitmen tersebut, lanjutnya, memiliki momentum yang tepat dengan keniscayaan global arus pertumbuhan ekonomi sangat dipengaruhi revolusi industri 4.0.

Revolusi industri 4.0 juga mengubah konsep industri global, dari yang semula bertumpu pada sumber daya alam, bergeser pada kekuatan ilmu pengetahuan, inovasi serta kolaborasi.

Hanif mencontohkan industri pertambangan mengalami keterbatasan cadangan tambang serta dihadapkan pada dampak lingkungan. Sementara ilmu pengetahuan dan inovasi, kata dia, akan terus berkembang.

Terkait dengan green jobs, menurutnya, Indonesia telah melakukan berbagai langkah yang sejalan dengan isu tersebut. Sejumlah cara di antaranya adalah  menggenjot pelatihan vokasi untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi pekerja soal green skill, green productivity serta keselamatan dan kesehatan kerja.

Kalangan perguruan tinggi juga dilibatkan dalam pengembangan green productivity dan green accounting.

Pertemuan selama dua hari tersebut, ALMM menghasilkan komunike bersama antara lain, meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang green jobs dan green skill, serta mendorong kerja layak yang mengurangi dampak negatif lingkungan.

Selain itu, juga soal peningkatan Occupational Safety and Health yang memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pernyataan Bersama ALMM+3

Sementara itu, pertemuan ALMM+3 menghasilkan pernyataan bersama, antara lain kerja sama ketenagakerjaan dan menegaskan kembali komitmen mempromosikan kualitas hidup dan persaingan tenaga kerja pada pekerjaan yang aman dan layak.


Selain itu, juga mengakui pentingnya ekonomi berkelanjutan secara sosial dan lingkungan yang bertujuan menciptakan lapangan kerja.

Para pemimpin ASEAN+3 juga sepakat mendukung green jobs untuk berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan melalui penelitian dan sharing good practices, mengembangkan TVET (Technical and Vocational Education Training) mengenai green skill, meningkatkan standar Occupational Safety and Health untuk menjaga lingkungan. (asa)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2zFYZWJ
December 03, 2018 at 11:15PM from CNN Indonesia https://ift.tt/2zFYZWJ
via IFTTT

No comments:

Post a Comment