Pages

Thursday, March 7, 2019

China Bakal Terangkan Misi ke Mars Tahun Depan

Jakarta, CNN Indonesia -- China akan mengirimkan misi ke Mars tahun depan setelah sebelumnya berhasil mengirimkan misi ke sisi terjauh Bulan. Hal itu disampaikan oleh Kepala Perancang Program Eksplorasi Bulan China, Wu Weiren saat menghadiri acara Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China pada Minggu (3/3).

"Selama 60 tahun terakhir, kami telah membuat banyak prestasi namun masih ada jarak yang sangat jauh dari kekuatan ruang angkasa dunia. Kami harus mempercepat langkah tersebut," kata Weiren.

"Tahun depan, kami akan meluncurkan probe Mars yang akan mengorbit di sekitar Mars," sambungnya, seperti dikutip TIME.

Selain itu, China juga akan mengirimkan sebuah probe tambahan ke Bulan, yang akan mengambil sampel dari permukaan dan kembali ke Bumi. Jika misi itu berhasil, China akan masuk ke jajaran tiga negara yang dapat menyelesaikan tugas tersebut, setelah Amerika dan Rusia.

Mengutip CNN, misi mengirimkan probe ke Mars didasari oleh ketika pangkalan simulasi Mars dibuka di Qaidam Basin Qinghai, China barat yang merupakan gurun tertinggi di Bumi dan dianggap sebagai salah satu paralel terbaik dengan permukaan Mars.

Guna membangun dan mencakup area seluas 53.440 meter persegi, pangkalan simulasi Mars itu menelan biaya sebesar $22,3 juta atau sekitar Rp31 miliar.

Sebagai informasi, sejak tahun 2003, China telah mengirimkan enam awak ke luar angkasa dan meluncurkan dua laboratorium luar angkasa ke orbit Bumi. Lalu pada 2013,China juga berhasil mendaratkan sebuah rover bernama Yutu 1 ke bulan.https://ift.tt/2TEaBEH (din/eks)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2IXWRR9
March 08, 2019 at 07:15PM from CNN Indonesia https://ift.tt/2IXWRR9
via IFTTT

No comments:

Post a Comment