Pages

Friday, March 15, 2019

Singgung Anies dan Keturunan Arab, Faizal Assegaf Dipolisikan

Jakarta, CNN Indonesia -- Aktivis '98 Faizal Assegaf dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Damai Hari Lubis terkait cuitannya di akun twitternya @faizalassegaf.

Dalam cuitannya tersebut, Faizal diketahui menyebut nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan menyinggung soal keturunan Arab.

Atas cuitannya tersebut, Faizal dilaporkan dengan pasal ujaran kebencian dan penghinaan melalui media elektronik.

Dalam pelaporan tersebut, Sekretaris Jenderal Koordinator Pelaporan Bela Islam (Korlabi) Novel Bakmumin ikut mendampingi Damai dalam membuat laporan tersebut.

Damai menyebut alasannya membuat laporan itu karena ia menilai Faizal telah melakukan ujaran kebencian lewat cuitannya tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
"Di sini saya temukan ada pelanggaran UU ITE dan ujaran kebencian, dugaan ini dibuat oleh Faizal Assegaf kami laporkan kepada pihak yang berwenang," kata Damai di Mapolda Metro Jaya, Jumat (14/3).

Damai juga mengaku dirinya merasa dirugikan dengan cuitan tersebut.

Dalam laporannya, dikatakan Damai, dirinya membawa bukti berupa foto layar atau screenshoot dari sejumlah cuitan Faizal di twitter.

"Ini bermuatan unsur SARA, UU ITE, kita laporkan agar tidak berkembang luas, di sini juga ada penghinaan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," tutur Damai.

Sementara itu, Sekjen Korlabi Novel Bamukmin menilai pernyataan Faizal yang disampaikan lewat cuitan di Twitter tersebut sangat provokatif dan mengadu domba umat Islam.

"Sangat mencoreng dari pada warga warga keturunan Arab, ini yang jadi timbul polemik di antara kita, ini betul-betul provokasi," ucap Novel.

Sekjen Korlabi Novel Bamukmin ikut melaporkan Faizal Assegaf ke polisi.Sekjen Korlabi Novel Bamukmin ikut melaporkan Faizal Assegaf ke polisi. (CNN Indonesia/LB Ciputri Hutabarat)
Laporan terhadap Faizal tersebut diterima dengan nomor laporan LP/1604/III/2019/PMJ/Dit.reskrimsum tertanggal 15 Maret 2019.

Sehari sebelumnya, pada Kamis (14/3), Faizal juga dilaporkan oleh Fikri Assegaf. Pelaporan tersebut, juga berkaitan dengan cuitan Faizal tentang Anies dan keturunan Arab. Laporan tersebut diterima dengan nomor LP/1585/III/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal 14 Maret 2019.

[Gambas:Video CNN] (dis/arh)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2Jf5C9m
March 16, 2019 at 04:21AM from CNN Indonesia https://ift.tt/2Jf5C9m
via IFTTT

No comments:

Post a Comment