Pages

Sunday, February 17, 2019

Debat Pilpres: Jokowi dan Prabowo Diprediksi Enggak 'Ngegas'

Jakarta, CNN Indonesia -- Dua calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto diprediksi akan mengubah gaya penampilannya di debat Pilpres 2019 putaran kedua, Minggu (17/2).

Pakar semiotika dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Kunto Adiwibowo menilai Jokowi akan berhenti berupaya mengeksploitasi diri untuk tampil tegas seperti yang pernah dilakukan di debat Pilpres 2019 putaran pertama.

Dia berkata, Jokowi akan lebih menampilkan kompetensinya dalam debat Pilpres 2019 putaran kedua yang mengusung tema pangan, energi, infrastruktur, sumber daya alam, serta lingkungan hidup. Menurutnya, langkah ini akan dilakukan Jokowi agar publik tidak menilainya tampil emosi.


"Jokowi akan terlihat lebih santai, tidak akan eksploitasi ketegasan karena (dia) tahu itu bisa dipersepsikan emosi. Jadi dia lebih tunjukkan kompetensi," kata Kunto kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (16/2).

Terkait dengan gaya Jokowi yang sering menunjuk lawan sebagaimana ditampilkan di debat pertama, Kunto memperkirakan hal tersebut akan coba diminimalisasi.

Menurutnya, tim Jokowi akan melatih agar capres yang maju bersama Ma'ruf Amin sebagai wakilnya di Pilpres 2019 itu mengurung gestur tersebut.

"Pasti mereka akan evaluasi, tapi ini masalahnya kepribadian yang muncul. Jadi walau sudah dilatih untuk menghilangkan ekspresi mikro yang bisa dikontrol, tapi ada beberapa ekspresi yang susah dikontrol karena masuk dari kepribadian," katanya.


Sementara itu, dia memperkirakan Prabowo akan lebih banyak mengkritik semua kebijakan yang telah diambil dan gagasan yang disampaikan oleh Jokowi sebagai capres petahana.

Namun demikian, menurut Kunto, kritik-kritik itu akan dilemparkan oleh capres nomor urut 02 tersebut dengan cara-cara yang santai dan tidak emosional.

"Prabowo akan coba mengkritik, tapi dengan cara yang tidak emosional," ujar dia.

Lebih dari itu, Kunto menyatakan bahwa dua capres tidak akan banyak mengubah tampilan di debat Pilpres 2019 putaran kedua, meskipun KPU telah mengubah format debat seperti menghilangkan pemberian kisi-kisi pertanyaan.

Menurutnya, Jokowi dan Prabowo akan lebih memilih mempertahankan gaya penampilannya demi mencegah perubahan persepsi publik.

"Walau KPU sudah hilangkan kisi-kisi atau bocoran itu, tapi ini yang dipertaruhkan persepsi kandidat di mata publik secara lebih luas," tuturnya.

Debat kedua Pilpres 2019 hanya diikuti capres dengan mengangkat tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur. Debat itu akan dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta pada Minggu (17/2).

(mts/pmg)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2DKv6FU
February 17, 2019 at 10:48PM from CNN Indonesia http://bit.ly/2DKv6FU
via IFTTT

No comments:

Post a Comment