Pages

Saturday, March 16, 2019

Debat Cawapres Malam Ini: Hal-hal yang Penting Diketahui

Jakarta, CNN Indonesia -- Pada Minggu (17/3) malam ini dua calon wakil presiden yaitu Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno akan saling beradu pandangan dalam debat calon wakil presiden di Pilpres 2019.

Dalam lima debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum, ini adalah satu-satunya debat yang hanya mempertemukan cawapres.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui dari debat cawapres di Pilpres 2019.

Waktu dan Tempat
Debat ketiga ini akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, dan dimulai pukul 20.00 WIB.

Stasiun Televisi yang Menyiarkan
Pada debat cawapres di Pilpres 2019 ini, penyelenggara jatuh ke tangan Transmedia yang menaungi stasiun televisi Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia TV.

Situs Live Streaming
Bagi Anda yang tidak bisa berada di depan televisi saat debat, bisa menyaksikannya lewat Live Streaming di situs CNNIndonesia.com. Live Streaming akan dimulai pukul 19.30 WIB.

Cek Fakta
Selain menayangkan Live Streaming, CNNIndonesia.com pun akan menyuguhkan Live Report atau laporan menit per menit jalannya debat. CNNIndonesia.com juga kembali menampilkan Cek Fakta atau verifikasi ucapan paslon dengan dibandingkan data dari berbagai sumber.


Tema Debat
Untuk debat cawapres di Pilpres 2019, KPU memilihkan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya.

Moderator Debat
Pembawa berita Transmedia Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas diplot sebagai moderator sekaligus memandu jalannya debat capres kedua ini.

Pemilihan moderator debat ini diusulkan oleh KPU pada akhir Februari lalu dan telah disetujui baik Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf maupun Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, sesuai dengan Undang-undang Pemilu.

Panelis Debat
KPU menunjuk sembilan orang pakar menjadi panelis debat cawapres. Empat di antaranya adalah rektor dari universitas ternama di Indonesia.

Mereka adalah Rektor Universitas Hasanuddin Makassar Dwia Aries Tina Pulubuhu, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yudian Wahyudi, Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama, dan Rektor Universitas Syahkuala Samsul Rizal.

Selain itu ada Guru Besar Sastra Universitas Tanjungpura Chairil Effendy, Guru Besar FISIP USU Subhilhar, budayawan Radhar Panca Dahana, Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah, dan Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia David S Perdanakusuma.


Susunan Acara Debat
Sama seperti debat pertama dan kedua, debat cawapres ini terdiri atas enam segmen. Total waktu debat yang diperkirakan KPU berkisar 90 hingga 94 menit. Berikut adalah rincian segmennya.

- Segmen 1: Penyampaian visi-misi
- Segmen 2 dan 3: Pertanyaan dari tim panelis
- Segmen 4 dan 5: Cawapres saling bertanya
- Segmen 6: Pernyataan penutup

Format Debat
Salah satu perubahan pada format debat cawapres adalah pada segmen dua dan tiga yaitu segmen pertanyaan panelis. Jika pada dua debat pertama, masing-masing kandidat mendapatkan pertanyaan berbeda, kali ini keduanya harus menjawab pertanyaan yang sama dari panelis.

Selain itu, KPU juga meniadakan format video pertanyaan yang digunakan di segmen kedua debat capres pada 17 Februari lalu. Seluruh pertanyaan dari tim panelis akan dibacakan oleh moderator debat.


Hal Baru Lainnya
Untuk mencegah terjadinya kericuhan antara Tim Kampanye Nasional (TKN) dan Badan Pemenangan Nasioal (BPN), seperti yang terjadi pada debat kedua, KPU pada debat kali ini membentuk Komite Damai.

Komite Damai bertugas menindak jika ada aktivitas timses di arena debat yang memicu gesekan. Bahkan mereka diberi kewenangan untuk menegur hingga mengeluarkan pihak yang melanggar aturan.

Susunan Komite Damai ini adalah satu orang dari KPU, satu orang dari Bawaslu, dan masing-masing dua orang dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

Selain itu, KPU juga mengurangi jumlah penonton dari 600 orang menjadi 450 orang.

Jadwal Debat-debat Lainnya:
Debat keempat digelar di Balai Soedirman, Jakarta pada 30 Maret. Debat hanya menampilkan Capres dan bertema ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional.


Debat kelima digelar di Hotel Bidakara pada 13 April, atau hanya empat hari menjelang pencoblosan. Debat kembali menampilkan pasangan Capres-Cawapres dan bertema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi serta industri.

Ikuti livestreaming, live report, dan cek fakta debat cawapres 2019 di CNNIndonesia.com pada 17 Maret 2019 mulai pukul 19.00 WIB.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2O9U6Le
March 17, 2019 at 01:55PM from CNN Indonesia https://ift.tt/2O9U6Le
via IFTTT

No comments:

Post a Comment