Pages

Thursday, March 7, 2019

Hindari Pelecehan,Pramugari Maskapai Inggris Tak Perlu Dandan

Jakarta, CNN Indonesia -- Perjalanan dengan transportasi udara tak akan lepas dari peran kru kabin. Hanya mereka yang bisa diandalkan saat pesawat sudah lepas landas. Meski demikian, mereka tetap memperhatikan penampilan, apalagi para pramugari.

Namun, maskapai penerbangan Inggris tak lama lagi bakal 'menghapus' keharusan berdandan untuk pramugari. Mereka tak lagi diharuskan mengenakan kosmetik. Maskapai Virgin Atlantic menyebut, perubahan aturan berbusana dan dandanan itu merupakan hasil dari peninjauan opini publik.

Jika pun pramugari ingin memulas wajahnya, maskapai menyediakan standar palet warna yang disarankan.

Tak hanya itu, pramugari juga bakal diberikan seragam tambahan. Selain seragam merah menyala yang biasa dikenakan, mereka juga akan memiliki celana panjang, selain rok dan kemeja.

Langkah ini dilakukan untuk menyikapi banyaknya kasus pelecehan seksual yang terjadi. Sejak lama, kru kabin pesawat kerap menjadi objek pelecehan saat bekerja. Perubahan kecil ini menjadi langkah untuk melawan 'bahaya'.

Selain itu, pedoman anyar ini tak hanya ditujukan untuk menawarkan kenyamanan yang lebih, tapi juga memberikan lebih banyak pilihan untuk kru soal bagaimana mereka ingin mengekspresikan diri.

"Membantu orang untuk menjadi diri sendiri adalah inti dari hasrat kami sebagai maskapai penerbangan yang paling dicintai," ujar Wakil Direktur Eksekutif Pelanggan Virgin Atlantic, Mark Anderson, mengutip Huffington Post.

Pedoman serupa ini bukan barang baru di dunia maskapai penerbangan. Mengutip The Independent, maskapai Inggris, British Airways, pernah meminta stafnya untuk mengenakan lipstik seminimal mungkin.

"Ratusan kru kabin bekerja dengan desainer Inggris, Ozwald Boateng, untuk menciptakan tampilan baru yang bergaya dan profesional untuk menandai seabad (kami beroperasi)," ujar Juru Bicara British Airways.

Selain British Airways, Emirates bahkan pernah mendorong staf untuk menjalani tujuh langkah perawatan kulit, termasuk mengenakan lipstik berwarna senada dengan topi yang dikenakan. Kru kabin maskapai United juga pernah diminta untuk mengenakan makeup yang sederhana dan menghindari penggunaan warna-warna mencolok. (els/asr)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2EFLSGy
March 08, 2019 at 06:14PM from CNN Indonesia https://ift.tt/2EFLSGy
via IFTTT

No comments:

Post a Comment