Pages

Tuesday, July 30, 2019

Soal 3 Calon Menteri Gerindra, Istana Sebut Semua Berpeluang

Jakarta, CNN Indonesia -- Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan Eko Sulistyo merespons kabar Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah menyiapkan tiga nama untuk menjadi menteri dalam pemerintahan periode kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Eko mengatakan semua orang punya peluang menjadi seorang menteri. Menurutnya, pemilihan menteri tetap berada di tangan Jokowi.

"Secara prinsip semua orang punya peluang jadi menteri sesuai aturan UU. Apalagi yang berasal dari partai politik," kata Eko kepada CNNIndonesia.com, Selasa (30/7).

"Presiden sebagai 'chief of excecutive' sekaligus pemegang hak prerogatif untuk memilih menteri-menterinya sebagai pembantu presiden. Jadi semua itu berpulang pada pilihan presiden," ujar Eko menambahkan.

Eko mengatakan Jokowi terlebih dahulu akan berkonsultasi dengan partai pendukungnya dan juga wakilnya Ma'ruf Amin ketika memilih calon pembantunya nanti. Meskipun, keputusan terakhir ada di tangan presiden terpilih 2019-2024 itu.

"Jadi peluang itu (tiga nama dari Prabowo) tetap terbuka menurut saya," ujarnya.

Lebih lanjut, Eko menyebut Jokowi juga belum menyampaikan soal peluang Gerindra merapat dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Menurutnya, pertemuan Jokowi dengan Prabowo maupun Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo lebih kepada silaturahmi politik.

"Presiden belum menyampaikan (peluang Gerindra masuk koalisi). Yang terjadi selama ini lebih bersifat silaturahmi politik. Dan ini baik untuk tradisi politik dan penguatan demokrasi kita," tuturnya.

[Gambas:Video CNN] (fra/arh)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2yobqVV
July 31, 2019 at 02:05PM from CNN Indonesia https://ift.tt/2yobqVV
via IFTTT

No comments:

Post a Comment