Pages

Wednesday, September 11, 2019

Jelang Pemakaman Habibie, TMP Kalibata Ramai Sejak Pagi

Jakarta, CNN Indonesia -- Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, lokasi pemakaman Presiden ketiga RI BJ Habibie, sudah ramai sejak Kamis (12/9) dini hari.

Diketahui, BJ Habibie meninggal di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. Rencananya, ia akan dimakamkan di TMP Kalibata dengan upacara kenegaraan yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, siang ini.

Dari pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, beberapa aparat gabungan dari kepolisian, TNI, serta Paspampres sudah tiba menggunakan beberapa jenis kendaraan untuk mempersiapkan serta melakukan pengamanan dalam persiapan acara pemakaman Habibie, yang akan dilaksanakan Kamis (12/9).

Beberapa aparat pun terlihat mendirikan tenda yang bertuliskan 'Denma Paspampres' tepat di pintu masuk TMP, serta melakukan pemasangan alat pemindai yang rencananya digunakan bagi para tamu yang akan menghadiri acara pemakaman tersebut.

Dua aparat juga telah melakukan penurunan bendera hingga setengah tiang di depan TPM Kalibata pada pukul 6.40 WIB.

Videotron soal ucapan duka cita bagi BJ Habibie di TMP Kalibata.Videotron soal ucapan duka cita bagi BJ Habibie di TMP Kalibata. (CNN Indonesia/Aria Ananda)
Tak ketinggalan, rombongan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) tiba di Taman Makam Pahlawan sekitar pukul 06.00 WIB. Mereka berbondong-bondong masuk ke dalam taman untuk bersiap mengikuti acara pemakaman.

Tepat di salah satu titik pintu masuk TMP Kalibata juga terdapat videotron yang menampilkan rangkaian gambar Habibie disertai pesan duka cita dari Kementrian Sosial.

Beberapa rangkaian foto tersebut memperlihatkan sosok Habibie yang tersenyum sambil berbicara ataupun melambaikan tangan.

Warga yang berlalu lalang pun sempat beberapa kali menghentikan kendaraan untuk sekedar mengintip gambar-gambar mantan presiden Indonesia tersebut, serta membaca pesan yang dituliskan Kementrian Sosial.

Sementara itu, kondisi lalu lintas disekitar TMP Kalibata terlihat cukup kondusif. Beberapa petugas polisi mengatur lalu lintas.

Rencananya, Jenazah Habibie akan dikebumikan tepat di samping makam istrinya, Hasrie Ainun Habibie.

Bendera setengah tiang sebagai tanda berkabung atas kepergian BJ Habibie.Bendera setengah tiang di TMP Kalibata sebagai tanda berkabung atas kepergian BJ Habibie. (CNN Indonesia/Aria Ananda)
Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan negara telah menyiapkan pemakaman Habibie di liang makam slot 120 dan 121 yang sudah disiapkan di TMP Kalibata.

"Sudah disiapkan pemakaman di sebelahnya Ibu Ainun Habibie di slot 120-121," kata Praktikno di Istana Kepresidenan, Jakarta.

(ara/arh)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/32IF3yx
September 12, 2019 at 02:26PM from CNN Indonesia https://ift.tt/32IF3yx
via IFTTT

No comments:

Post a Comment