Pages

Thursday, February 28, 2019

Anies Manfaatkan Kompensasi KLB Peninggalan Ahok untuk JPO

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di kawasan Senayan, Jakarta. Saat dikonfirmasi, Anies mengatakan pembangunan JPO yang artistik itu merupakan peninggalan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Itu sisa yang cukup banyak dari Koefisien Lantai Bangunan (KLB) sebelumnya banyak dan harus diapakan, ya dimanfaatkan," kata Anies di Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (28/2).

Anies menjelaskan masih banyak stok sisa pembangunan dari pemerintahan sebelumnya. Bahkan, kata Anies, dua JPO yang bakal direvitalisasi selanjutnya merupakan sisa pembangunan era Ahok.

"Hampir semuanya sisa-sisa yang kemarin. Pak Asbang yang hafal (datanya). Saya enggak hafal datanya," jelas dia.


Sebelumnya, Anies memamerkan hasil tiga pembangunan JPO artistik di Senayan yang berasal dari dana kompensasi KLB. Dana kompensasi KLB ialah jumlah yang dibayarkan swasta kepada Pemprov DKI Jakarta jika ingin menaikkan lantai bangunan.

Adapun tiga jembatan yang dibangun tersebut yakni JPO Bundaran Senayan, JPO Gelora Bung Karno dan JPO Polda Metro Jaya. JPO ini menurut Anies tak hanya baik dari segi fungsi, tapi juga dari sisi seni.

"JPO ini dibangun dengan desain yang unik dengan artistik dan tata pencahayaan yang akan bisa menambah keindahan kota. Belum dibuka saja sudah menjadi salah satu rujukan pembuatan foto-foto urban di DKI," ucap Anies.

Sewaktu menjadi calon gubernur DKI, Anies sempat mengkritik kebijakan KLB tersebut. Anies beranggapan bahwa kebijakan KLB identik dengan pengelolaan dana swasta. Tim sukses Anies saat itu juga mengkritik KLB yang tidak transparan saat itu.

"Kita seringkali melihat program besar, karya-karya besar, dan ketika ditanya datangnya dari mana, (ternyata dari) denda KLB. Barang besar KLB, lah APBD-nya di mana? APBD sebesar in kok CSR. Masa tempat-tempat bagus dibangunnya pakai CSR. APBDnya mana?" ujar Anies di Jakarta (31/7/2018).

[Gambas:Video CNN] (ctr/pmg)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2XuwQfq
March 01, 2019 at 07:37AM from CNN Indonesia https://ift.tt/2XuwQfq
via IFTTT

No comments:

Post a Comment