Pages

Monday, May 20, 2019

Erdogan Tangkap 249 Karyawan Kemlu Terkait Gulen

Jakarta, CNN Indonesia -- Turki dilaporkan menangkap 249 karyawan kementerian luar negeri karena diduga berhubungan dengan Fethullah Gulen, tokoh agama yang disebut-sebut sebagai dalang upaya kudeta gagal 2016 lalu.

Lembaga penyiaran NTV melaporkan Kantor Kepala Jaksa Penuntut Ankara memerintahkan penangkapan setelah penyelidikan mengungkap ratusan pegawai itu melakukan penyimpangan saat mengikuti ujian masuk kementerian.

NTV melaporkan sebanyak 79 tersangka sudah ditangkap dalam operasi yang dilakukan di 43 provinsi. Dikutip Reuters, polisi Turki juga masih memburu tersangka lainnya.

Turki gencar melakukan pemecatan dan penangkapan orang-orang yang dituduh terlibat dan berhubungan dengan Gulen setelah upaya kudeta gagal pada Juli 2016.

Lebih dari 77 ribu orang ditahan Turki sejak upaya kudeta gagal terjadi, sebagian dari mereka ditangkap tanpa melalui proses hukum yang jelas. 

[Gambas:Video CNN]

Sekitar 150 ribu pegawai negeri sipil dan personel militer juga dipecat dan dinonaktifkan dari pekerjaannya karena dicurigai terlibat jaringan Gulen.

Fethullah Gulen merupakan mantan sekutu Presiden Recep Tayyip Erdogan yang mengasingkan diri di AS sejak 1999. 

Gulen membentuk organisasi yang dikenal sebagai FETO. Mereka dituding menjadi dalang di balik percobaan pembunuhan Erdogan dan kudeta di Turki empat bulan lalu. Organisasi itu juga dicap sebagai kelompok teroris oleh Turki. (rds/has)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2VD5cuy
May 21, 2019 at 12:10AM from CNN Indonesia http://bit.ly/2VD5cuy
via IFTTT

No comments:

Post a Comment