Pages

Wednesday, July 31, 2019

'Raja Kopi' India Hilang, Aparat Gelar Operasi Pencarian

Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pengusaha India yang dikenal sebagai 'Raja Kopi', V. G. Siddhartha, dilaporkan hilang sejak Senin (29/7) lalu. Sehari kemudian kepolisian setempat menggelar operasi pencarian besar-besaran untuk menelusuri keberadaan sang jutawan.

Seperti dilansir AFP, Kamis (1/8), pemilik jaringan kedai kopi 'Cafe Coffee Day' itu dilaporkan terakhir kali terlihat berjalan kaki melintasi jembatan di Negara Bagian Karnataka. Sebelumnya sempat ditemukan surat yang diduga ditulis Siddhartha, yang isinya menyatakan dia mengaku gagal sebagai wirausahawan.

Siddhartha pergi dari rumah pada Senin lalu dengan mengatakan akan menuju villa di Saklesharm. Namun, menurut pengakuan sopir kepada polisi Siddhartha meminta diantar ke Mangaluru.

Sebelum tiba, Siddhartha meminta sang sopir berhenti sejenak di dekat jembatan. Sang sopir lantas melihat majikannya berjalan sembari menelepon.

Setelah menunggu agak lama, sang sopir curiga lantas melapor ke polisi setelah majikannya tidak kunjung kembali.

Polisi lantas mengerahkan penyelam dibantu nelayan setempat untuk menyusuri Sungai Nethravathi dekat daerah Mangaluru. Sedangkan para sahabat dan politikus setempat memilih mendatangi rumah Siddhartha.

Akibat kejadian ini, nilai saham Cafe Coffee Day anjlok hingga 20 persen. Alhasil petinggi perusahaan segera menggelar rapat.

Keluarga Siddhartha sudah berbisnis kopi selama 130 tahun. Setelah memimpin bisnisnya, Siddhartha mendirikan Cafe Coffee Day pada 1996, dan menjadi salah satu pebisnis kopi terbesar di dunia.

Dia juga menjadi pemilik kebun kopi terbesar di Asia, yakni seluas 12 ribu hektare.

Perusahaan Amalgamated Bean Company (ABC) milik Siddhartha menjadi eksportir terbesar kopi hijau.

Selama ini, Cafe Coffee Day sudah membuka 1700 cabang di India dan sejumlah negara antara lain Austria Malaysia, Mesir dan Republik Ceko. Siddhartha bersaing ketat dengan Starbucks yang membuka 150 gerai di India.

[Gambas:Video CNN]

Istri Siddhartha adalah anak mantan menteri luar negeri yang saat ini menjadi Gubernur Karnataka, S.M. Krishna. Hal itu membuatnya dekat dengan lingkaran kekuasaan.

Meski begitu, dua tahun lalu bisnis Siddhartha mulai goyah. Sebab Dinas Pajak India menggerebek sejumlah kantor cabang perusahaannya karena diduga menggelapkan pajak. (ayp)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/335wkak
August 01, 2019 at 02:42PM from CNN Indonesia https://ift.tt/335wkak
via IFTTT

No comments:

Post a Comment