Pages

Saturday, February 16, 2019

Pentagon Belum Buat Keputusan soal Dana Tembok Meksiko

Jakarta, CNN Indonesia -- Penjabat Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan menegaskan belum ada keputusan yang diambil terkait pendanaan tembok perbatasan AS-Meksiko.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Presiden AS Donald Trump menyatakan keadaan darurat nasional dalam upaya untuk mendanai tembok perbatasan AS-Meksiko tanpa persetujuan kongres. Langkah itu dinilai sebagai pelanggaran terhadap konstitusi AS.

"Jadi, dengan sangat sengaja, kami belum membuat keputusan apa pun," ujar Shanahan dalam perjalanan pulang dari Jerman, melansir AFP.

Sebelumnya, Trump menginginkan Kongres untuk mengizinkan dana sebesar US$5,7 miliar untuk pembangunan tembok di sepanjang bagian perbatasan. Namun, parlemen hanya menyediakan US$1,4 miliar.

Untuk mengatasinya, Gedung Putih mengatakan bahwa Trump akan mengakses US$6,1 miliar dari dua sumber di Pentagon. Di antaranya US$3,6 miliar dari dana pembangunan militer dan US$2,5 miliar dari dana melawan peredaran obat-obatan milik Departemen Pertahanan.

"Kami selalu mengantisipasi bahwa persoalan ini akan menimbulkan perhatian massa dan kekhawatiran publik," ujar Shanahan.

Shanahan mengaku bakal meninjau analisis atas kondisi darurat nasional yang diumumkan. "Berdasarkan analisis, kami dapat melakukan penilaian dan menentukan apa yang sesuai untuk dilakukan," ujar dia.

"Kami mengikuti hukum. Kami menggunakan aturan," tegas Shanahan. (asr/asr)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2GzvcnJ
February 17, 2019 at 05:45PM from CNN Indonesia http://bit.ly/2GzvcnJ
via IFTTT

No comments:

Post a Comment