Pages

Thursday, March 7, 2019

Survei BI: Inflasi 0,07 Persen pada Pekan Pertama Maret 2019

Jakarta, CNN Indonesia -- Bank Indonesia (BI) mengatakan inflasi pekan pertama Maret berada di angka 0,07 persen. Proyeksi ini sesuai dengan hasil survei BI terhadap komponen pengeluaran masyarakat.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan inflasi pekan pertama membuat inflasi secara tahunan (year on year) berada di angka 2,44 persen. Inflasi year on year ini lebih rendah dibanding Februari, yaitu 2,57 persen. Ini menjadi bukti bahwa bahwa inflasi terkendali hingga bulan ketiga tahun ini.

"Ekspektasi inflasi terkendali terkonfirmasi karena harga Maret lebih rendah dari Februari," ujarnya di Jakarta, Jumat (8/3).


Lebih lanjut ia menuturkan komoditas yang cenderung menunjukkan penurunan harga adalah daging ayam ras, cabai merah, telur ayam, dan berbagai sayur mayur. Namun, di sisi lain, bawang merah dan tiket pesawat masih akan menjadi momok inflasi bulan ini.

"Tapi insyallah sebagaimana telah disampaikan, akhir tahun inflasi masih bisa di bawah 3,5 persen," jelasnya.

Pada bulan lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat indeks Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami deflasi sebesar 0,08 persen secara bulanan (month to month/mom) dan inflasi 2,57 persen secara tahunan. Sementara, inflasi secara tahun kalender tercatat sebesar 0,24 persen.


Realisasi deflasi Februari 2019 berbanding terbalik dibandingkan Januari 2019 yang mengalami inflasi sebesar 0,32 persen dan Februari 2018 yang tercatat inflasi 0,17 persen.

"Yang memberikan andil deflasi dari kelompok bahan makanan adalah daging ayam ras dengan andil 0,06 persen, cabai merah 0,06 persen, telur ayam ras 0,05 persen, bawang merah 0,04 persen, cabai rawit 0,02 persen dan beberapa komoditas lain ikan segar wortel jeruk dan ada beberapa lainnya yang masing-masing memberikan andil -0,01 persen," imbuh Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Yunita Rusanti, pekan lalu.

(glh/bir)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2TqGlOa
March 08, 2019 at 09:40PM from CNN Indonesia https://ift.tt/2TqGlOa
via IFTTT

No comments:

Post a Comment