Pages

Sunday, February 17, 2019

Prediksi Debat Kedua: Data Jokowi Beradu Retorika Prabowo

Jakarta, CNN Indonesia -- Dua calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto diprediksi akan tampil dengan ciri khasnya masing-masing dalam debat Pilpres 2019 putaran kedua, Minggu (17/2).

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno mengatakan Jokowi akan berbicara berdasarkan pada data. Sementara Prabowo akan berbicara dengan menggunakan retorika dalam debat Pilpres 2019 yang mengusung tema pangan, energi, infrastruktur, sumber daya alam, serta lingkungan hidup.

"Kalau dari segi retorika Prabowo menang, tapi kalau soal substansi saya kira Jokowi lebih menguasai. Jokowi tetap dengan data, Prabowo dengan retorika," kata Adi kepada CNNIndonesia.com, Jumat (15/2).


Menurutnya, pertarungan yang seru dalam debat Pilpres 2019 putaran kedua akan terjadi saat capres membedah isu infrastruktur dan pangan.

Dia menilai Jokowi akan mengandalkan isu infrastruktur dengan membeberkan seluruh proyek pembangunan yang telah dibangun di masa pemerintahannya dalam lima tahun terakhir.

Namun demikian, lanjut Adi, Jokowi harus mengantisipasi serangan dari Prabowo yang selama ini kerap mengkritisi kebijakan infrastruktur Jokowi dengan penilaian tidak efektif dan mahal.

"Jokowi akan diunggulkan di infrastruktur karena ini senjata andalan Jokowi yang dianggap sukses yang menghabiskan sekian ribu triliun rupiah," ucappnya.


Sementara itu, Adi memperkirakan Prabowo akan unggul dalam pembahasan isu pangan.

Menurutnya, konsep reforma agraria seperti janji memberikan tanah negara kepada rakyat yang belum memiliki sebagaimana yang telah digaungkan dalam masa kampanye, membuat Prabowo akan lebih unggul dalam pembahasan isu ini.

"Penantang [Prabowo] sudah muncul, akan lakukan reforma agraria," ucapnya.

Sedangkan di isu energi, sumber daya alam, dan lingkungan hidup, Adi menilai pembahasan tidak akan terlalu ramai karena masalah dari ketiga isu tersebut kurang muncul ke publik.

Dia pun menilai Jokowi dan Prabowo memiliki peluang yang sama besar untuk unggul dalam ketiga isu tersebut.

"Energi, sumber daya alam, dan lingkungan peluangnya saya kira masih fifty-fifty, karena isu tidak pernah muncul ke permukaan," kata dia.

Debat kedua Pilpres 2019 hanya diikuti capres dengan mengangkat tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur. Debat akan dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta pada Minggu (17/2).

(mts/pmg)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2S3MwSZ
February 17, 2019 at 11:22PM from CNN Indonesia http://bit.ly/2S3MwSZ
via IFTTT

No comments:

Post a Comment